Garut

Garut beberapa tahun lampau masih terkenal dengan jeruknya, sekarang yang masih bertahan adalah kualitas domba Garutnya. Akan tetapi kini Garut pun masih memiliki obyek wisata khas lainnya, diantaranya Kampung Sampireun. Jenis wisata yang terletak di desa Sukakarya itu nuansanya sangat berbeda dengan tempat lain. Kawasan ini searah dengan pembangkit listrik tenaga uap Kamojang dan Taman Wisata Kamojang di lereng Gunung Guntur. Pemandangan sebuah danau seluas 1,4 hektar dengan rumah-rumah berdinding bambu khas Sunda di atas danau menyejukkan mata memandangnya.
Garut dahulu masih merupakan satu kabupaten dengan Kabupaten Bandung, Sukapura (Tasikmalaya), dan Sumedang. Dan masih bernama Limbangan. Pada tahun 1913 Limbangan berganti nama menjadi Garut sekarang.
Bahasa dan Seni Tradisi: Bahasa sehari-hari adalah bahasa Sunda disamping bahasa nasionalnya yaitu bahasa Indonesia. Seni tradisi yang dapat ditemukan di daerah Garut adalah: rebana, pencak silat, seni domba Garut.
Wisata Sejarah/Ilmiah:
1. Candi Cangkuang di Kecamatan Leles 2. Kampung Naga (perkampungan khas yang masih teguh memegang tradisi leluhur Sunda)
Wisata Alam:
1. Situ Cipatengang 2. Cipanas di Tarogong 3. Kampung Sampireun 4. Situ Bagendit yang berlegenda 5. Cagar Alam Sancang 6. Kawah Papandayan 7. Pantai Cilaut Eureun 8. Pantai Sayang Heulang 9. Taman Karang Numpang
Wisata Belanja:
1. Dodol Garut 2. Tembakau

Tidak ada komentar: