Ciamis

Di wilayah Ciamis terdapat situs Karangkamulyan di Kecamatan Cijeunjing berupa hutan 25,5 ha. Situs yang berkarakter tempat suci agama Hindu dan kepercayaan Sunda asli. Ciri agama Hindu ditandai dengan adanya fragmen Yoni dan arca Ganesha, sedangkan unsur lokal (Sunda) berupa tradisi megalitik yang ditandai dengan bangunan dari susunan batu dan batu berdiri (menhir). Di sekitar kompleks bangunan suci dijumpai adanya indikasi pemukiman berupa fragmen bata, gerabah, keramik, batu pengupan, besi, perunggu dan arang.
Di Situs ini (abad X - XVII) terdapat beberapa obyek arkeologis berupa Pangcalikan, Sanghyang bedil, panyabungan ayam, lambang peribadatan, Cikahuripan, makam Sri Bhagawat Pohaci, Pamangkonan dan makam Adipati Panaekan, serta terdapat parit kuno dan benteng (gundukan tanah).
Situs lainnya adalah Kampung Kuta. Kampung yang letaknya hampir berbatasan dengan Jawa Tengah ini, konon dulu sempat jadi bermukimnya Prabu Siliwangi (Raja Galuh). Saat itu Sang Prabu sempat berencana mendirikan keraton di Kampung Kuta ini sebagai pusat kerajaan Galuh.
Akan tetapi, karena tidak mencapai sasaran yang disebut Patang Ngewu Domas, rencana tersebut gagal. Hanya meninggalkan jejak Gunung Semen (semen merah dari tanah), kapur seluas 0,25 hektare serta 3 buah Batu Soko di sekitar G. Gede. Situs lainnya di Bukit Susuru Dusun Bunar Kec. Kertabumi Cijeunjing. Di Susuru ditemukan kapak dari batu, manik-manik batu, guci porselen, dsb. Juga terdapat batu altar, sumur batu seberat 20 ton serta 3 buah gua.
Untuk menuju obyek/kawasan wisata Ciamis telah tersedia Bandara Nusa Wiru.
Bahasa dan Seni Tradisi: Penduduk berbahasa Sunda dan bahasa nasional. Jenis seni tradisi yang lestari: upacara adat, permainan rakyat, cerita rakyat/naskah kuno, Reog, Badeng, Buncis, Gotong singa, Janeng, Bongbang, Beluk, Arumba, Angguk, Manolek, ronggeng gunung, dll.
Wisata Alam:
1. Pantai Pangandaran dengan Karang Nini dan Karang Tirta 2. Grand Canyon (berperahu di sungai yang indah dengan dinding batunya) 3. Cagar Alam Pananjung (terdapat Gua panggung, arca sapi jantan, batuan sisa candi dan makam dari Kerajaan Galuh) 4. Terowongan Wilhemina dan Yuliana (terpanjang di Pulau Jawa) 5. Gua Donan 6. Batu Hiu 7. Lembah Putri 8. Keusik Luhur 9. Situlengkong
Wisata Sejara/Budaya:
1. Bumi Alit (menyimpan alat perang) 2. Karangkamulyan (bekas kerajaan Galuh) 3. Situs Astana Gede

Tidak ada komentar: