Cianjur

Cianjur terletak pada jalur jalan raya Bogor-Puncak-Bandung, daerah ini memiliki atraksi budaya dan wisata yang amat menarik, selain mudah dicapai baik dengan kendaraan umum, ataupun kendaraan pribadi. Dalam hal makanan Cianjur sangat terkenal tauconya, pepes ikan mas serta manisan dan asinan buah-buahan dan sayuran. Sepanjang jalan raya daerah ini banyak sekali restoran-restoran dengan sajian berbagai jenis makanan sambil memandang keindahan alamnya yang cantik.
Di Cianjur pula kita dapat temukan peternak-peternak ayam pelung yang berkualitas tinggi serta pengrajin lampu-lampu hias. Keberadaan Cianjur sendiri dimulai pada pertengahan abad ke-17 Masehi ketika rakyat Raden Djayasasana Aria Wira Tanu (putra Aria Wangsa Goparana keturunan ke-7 Prabu Siliwangi) mencari pemukiman baru di pinggir sungai untuk bertani dan tempat tinggalnya. Raden Djayasasana bertempat tinggal di Cikundul yang kemudian disebut Cianjur kini.
Bahasa dan Seni Tradisi: Bahasa Sunda halus merupakan bahasa sehari-hari penduduknya disamping bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional. Kesenian adiluhung yang dimiliki Cianjur adalah tembang Cianjuran diiringi perangkat kacapi-suling, selain itu daerah inipun melahirkan seni pencak silat yang terkenal yaitu: aliran Cimande dan Cikalong.
Wisata Sejarah:
1. Gunung Padang (situs purba yang memiliki batu berundak terbesar di Asia Pasifik) 2. Istana Presiden di Cipanas (17 km dari kota Cianjur ) 3. Makam Cikundul di Cikalong Kulon 4. Situ Megalit di Kecamatan Campaka
Wisata Alam:
1. Kebun Raya Cibodas=Taman Firdaus Asia (berlokasi di lereng Gunung Gede pada ketinggian 1500 m. Udaranya sejuk dan luasnya 83 hektar, Kebun Raya Cibodas ini dibangun pada tahun 1862) 2. Taman Nasional Gede-Pangrango (merupakan lokasi pendakian dengan puncak Gede setinggi 2.958 meter, sedang puncak Pangrango 3.019 m) 3. Mandala Kitri (lokasi perkemahan/camping ground) 4. Lembah Suryakencana (terdapat bunga Edeilwess sebagai bunga abadi). 5. Waduk Saguling 6. Waduk Cirata 7. Jangari (lokasi pemancingan)
Wisata Belanja:
1. Tauco 2. Manisan buah-buahan 3. Durian di kebun (Pasir Hayam)

Tidak ada komentar: