Susahnya nonton Wayang golek 5

Bagi para pengguna bahasa Sunda tentu sangat tahu dan paham bahwa seni wayang golek bagi masyarakat pulau Jawa bagian barat adalah salah satu mekanisme kontrol sosial moral kemasyarakatan. Lewat kesenian ini, pesan-pesan keagaaman Serta kritik-kritik pedas dalam mengontrol keharmonisan tata laku kepemerintahan menjadi hal biasa.
Bahasa langsung kritik, saran atau lewat sindiran kepada pejabat, peorangan bahkan lembaga adalah sarana suara rakyat yang Sehat. Tidak menimbulkan rasa marah, dendam juStru menimbulkan asah, asih, asih antara rakyat dengan pemimpinnya.
Ke-egaliter-an dan demokratisasi masyarakat Sunda terwujud dalam bentuk seni wayang golek begitu indahnya. Sehingga suara rakyat langsUng bisa didengar individu yang bersangkutan, tidak tersumbat dan tersekat di laci DPR/DPRD saja.
Hanya sayangnya di tahun 2008 ini, dimensi media demokrasi khas mayarakat berperadaban tinggi ini dibenamkan ke dalam banyolan konyol pada salah satu televisi swasta. Entah karena ingin mereduksi ketinggian seni wayang golek atau faktor lain.... Wallahu alam bisawab.

Tidak ada komentar: