Susahnya nonton Wayang golek 2

Akhirnya setelah menunggu puluhan tahun semenjak kemunculan televisi di Indonesia, pagelaran wayang golek secara lengkap tampil di TPI. Mulai dari jam 22.00 wib hingga 05.00 setiap malam minggunya, telah memupus tanda tanya selama ini : kenapa wayang golek tidak ada yang bisa tampil di televisi?
Karena TPI telah mempunyai jaringan secara nasional, maka dimanapun di belahan bumi Indonesia dapat dilihat dan didiskusikan dengan sahabat saudara kita etnis lainnya. Inilah nikmatnya Bhineka Tunggal Ika. Tentu banyak tanya dari mereka tentang orang Jawa yang selama ini hanya mereka samar dengar.
Ada juga yang secara terbuka tidak menyukai tayangan tersebut, bisa jadi karena memang tidak suka kesenian atau juga bisa ketidaksukaan politis he he he .... Konon santer tersebar kabar bahwa lewat seni di televisi ini menunjukkan orang Jawa (maksudnya, orang yang tinggal di pulau Jawa termasuk etnis Sunda) sedang dan telah menjajah mereka!... Astagfirullah.
Untuk itu, saya sangat berharap tampilan seni dari 27 propinsi dapat dipagelarkan secara bergilir di televisi nasional. Seperti yang pernah dilakukan TVRI di tahun 80-an lewat aneka ria safari (kalau tidak salah) yang secara adil memberi kesempatan dari seluruh stand taman mini mewakili propinsinya masing-maSing.
Kita harus akhiri gosip itu...

Tidak ada komentar: